Home

Kamis, 10 April 2014

Frozen Disney

Film animasi dari Walt Disney yang terbaru, Frozen (2013) telah menciptakan suatu rekor tersendiri yang fenomenal. Bahkan jika dibandingkan dengan film non-animasi sekalipun. Betapa tidak, Frozen diputar pertama kali di Amerika Serikat pada 29 November 2013, dan langsung memuncaki tangga box office di sana selama beberapa minggu. Luar biasanya, sampai sekarang Frozen masih saja bertengger di dalam 10 besar film terlaris di sana (sekarang di peringkat ke-9), yang berarti film tersebut bertahan selama 17 minggu, atau lebih dari 4 bulan secara terus-menerus!
Ketika film-film besar (Kelas A) seperti  The Hobbit:The Desolation of Smaug (rilis 13 Desember 2013), Jack Ryan: Shadow Recruit (rilis 17 Januari 2014), dan Robocop (rilis 12 Februari 2014), telah terlempar dari daftar 10 besar film terlaris di AS, Frozen masih tetap bertahan sampai sekarang. Re-make Robocop, bahkan secara komersial dianggap gagal.
Biasanya, untuk film-film Hollywood, format Blu-ray/DVD-nya baru dirilis sekitar 4 bulan setelah filmnya pertama kali diputar  di bioskop-bioskop papan atas, atau ketika film itu sudah tidak diputar lagi di bioskop-bioskop itu. Saking lamanya Frozen bisa bertahan di jajaran 10 besar itu, maka ketika Blu-ray/DVD-nya dirilis pada 18 Maret 2014, filmnya bukan hanya masih diputar di bioskop-bioskop papan atas, tetapi juga masih berada di dalam 10 besar itu.
Menurut data dari imdb.com, sampai minggu ke-17 (tanggal 14 Maret 2014) film animasi berbiaya sekitar 150 juta dollar AS itu telah berhasil meraup pendapatan sebesar 396.386.593 dollar AS di Amerika Serikat saja. Pada minggu ke-17 ini film ini masih berada di posisi ke-9 dengan 2,1 juta dollar.
Kesuksesan film animasi Disney, FROZEN sebagai film animasi laris beberapa pekan terakhir ini masih berlanjut. Kali ini film tersebut keluar sebagai Best Animated Feature dalam ajang Golden Globe 2014.
Kisah Anna dan Ratu Salju ini berhasil mengungguli dua film animasi lainnya yakni THE CROOD dan juga DESPICABLE ME 2. Dengan begitu maka FROZEN berpeluang besar masuk dalam nominasi ajang penghargaan lainnya, Oscar yang baru diumumkan beberapa hari mendatang.

Saingan terberat FROZEN sejatinya adalah THE WIND RISES. Kartun garapan sutradara kelas Oscar, Hayao Miyazaki ini sayangnya tak masuk dalam kategori Best Animated Features. THE WIND RISES hanya dimasukkan dalam kategori Best Foreign.

Sutradara Chris Buck dan Jennifer Lee hadir dan naik ke atas podium sebagai perwakilan Walt Disney Studio atas kemenangan FROZEN ini. Dalam pidato kemenangannya, keduanya mengucapkan terima kasih spesial untuk John Lasseter dan Ed Catmull.

Kesuksesan Frozen merupakan bukti jika melawan ide konvensional itu merupakan hal yang positif. Frozen adalah film yang mengandalkan wanita sebagai karakter utamanya dan plot, yang meski terinspirasi dari kisah donngen The Snow Queen, cukup orisinil.


Dengan sukses luar biasa film-film seperti Frozen, dan juga Gravity dan The Hunger Games: Catching Fire yang female centered, mungkin sudah saatnya Hollywood memikirkan ulang formula sukses mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar