Home

Selasa, 22 April 2014

SELAMAT ULTAH GAMEBOY

Gameboy adalah console game handheld (artinya bisa digenggam ma tangan)ato game portable yang dikembangkan, diproduksi dan dipasarkan oleh Nintendo Jepang. Awalnya dipasarkan pada tahun 1989 sampai dengan peluncuran generasi terakhirnya dirilis tahun 2005. Gameboy merupakan game handheld terlaris di dunia dibandingkan kompetitornya yang sejenis. Yuk kita bahas Gameboy dari generasi awal sampai akhir.

GAMEBOY, THE ORIGINAL (1989)

Diluncurkan di Jepang 21 April 1989 dengan harga US$.89 atau dengan kurs sekarang sekitar Rp 800.000 an, merupakan penyempurnaan dari game handheld tahun 80'an Game & Watch digabungkan dengan game console NES (terkenal dengan sebutan Nintendo di Indonesia), meskipun tampilan layarnya masih hitam putih.
Penjualan console handheld ini sangat sukses di dunia, terjual sebanyak US$ 118 juta unit diseluruh dunia.
Pada tanggal 3 September 1996, Nintendo mengeluarkan model lain masih dengan layar hitam putih yaitu Gameboy Pocket, dan pada tanggal 14 April 1998 mengeluarkan model Gameboy Light, yang hanya released di Jepang.




GAMEBOY POCKET (1996)

Di released pada tahun 1996 Game Boy pocket spesifikasinya sama dengan Game Boy original, tetapi bentuknya lebih kecil, lebih ringan dan batereinya lebih tahan lama.
Dengan memakai 2 baterei tipe AAA, lebih sedikit dari yang original ( 3 baterei tipe AA ) dapat dimainkan kurang lebih 10 jam waktu main. Bisa dikatakan Game pocket adalah "redesign" dari Game boy Original.






GAMEBOY LIGHT (1998)

Di released pada tanggal 14 april 1998,dengan spesifikasi tambahan berupa cahaya yang dapat bersinar di layarnya, yang berguna untuk bermain di bawah sinar yang redup atau gelap tanpa memerlukan bantuan dari cahaya luar yang dinamakan "Electroluminescent backlight". Memakai 2 batere tipe AA, yang cukup untuk memainkan 20 jam nonstop.







GAMEBOY COLOR (1998)

Di released pada tanggal 21 Oktober 1998,adalah jawaban dari developer atas keinginan "pasar" game untuk membuat konsol genggam yang canggih, akhirnya dengan tampilan layar berwarna membuat perubahan yang signifikan terhadap tampilan Game boy itu sendiri. Bentuknya lebih kecil daripada Game boy Original, tetapi lebih besar dan panjang daripada Game Boy Pocket. Kemunculan Game Boy Color ini mengungguli penjualan kompetitor game handheld layar berwarna lainnya seperti SEGA GameGear dan Atari Lynx.






GAMEBOY ADVANCED (2001)

Di released tanggal 21 Maret 2001, Game Boy Advanced, membawa konsol handheld ke level yang lebih tinggi, dengan processor 32bit naik 2 tingkat dari Game Boy sebelumnya yang hanya 8-bit. Dengan tersedianya ribuan game dengan berbagai judul dan genre membuat Game Boy menjadi konsole handheld no 1 pada saat itu, bahkan sampai sekarang, ditengah munculnya berbagai konsole yang lebih canggih, Game Boy Advanced tetap memiliki penggemar.




GAMEBOY ADVANCED SP

Di released 6 Januari 2003, adalah versi terbaru dari Game Boy Advanced, dengan bentuk yang lebih compact, menyerupai bedak untuk wanita yang bisa dilipat, Sp adalah singkatan dari special, GBA SP ini mempunyai fitur rechargeable battery ( baterei yang bisa di charge ), sehingga tidak perlu membeli baterei lagi, selain dari perubahan baterei fitur engine dan yang lainnya masih sama dengan GameBoy Advanced versi sebelumnya. Game yang dapat dimainkan kompatibel dengan seluruh game yang pernah direleased untuk Game boy.






GAMEBOY MICRO (2005)
Di released pada tanggal 1 September 2005, ini adalah Game Boy terkecil yang pernah dibuat, bahkan terkecil dari seluruh game handheld di dunia. Dengan lebar hanya 4 inchi dan tingg1 2 inchi

membuat konsol ini dapat digenggam oleh tangan. Meskipun bentuknya mini tapi kemampuannya sama dengan Game Boy Advanced versi sebelumnya, bahkan gadget ini ditambahkan fitur pengaturan cahaya, besarnya intensitas cahaya untuk menerangi layarnya. Konsol ini hanya kompatibel dengan game dari Game boy Advanced saja, tidak dengan Game Boy original dan Game Boy color.Tapi bentuknya yang sangat kecil tapi pemakai masih nyaman menggunakannya merupakan teknologi yang revolusioner sampai saat ini.

Meski kini tergerus oleh berbagai platform mesin game yang lebih canggih, tak dapat dipungkiri kelahiran Game Boy di masa lalu memberikan standar baru bagi mesin game portabel kala itu. Apalagi dengan harga yang boleh dibilang cukup terjangkau, tak mengejutkan bila mesin game buatan Nintendo ini sempat mendominasi. Di Indonesia sendiri kelahiran Game Boy memberikan kekaguman bagi gamer-gamer saat itu yang kebanyakan masih berumur belia.

Biasa merasakan grafis ala kadarnya lewat mesin game portable gamewatch –- lebih populer dengan sebutan Gimbot — hadirnya Game Boy dengan tampilan monochrome resolusi 160×144 pixel pada layar 2,5 inch jelas membuat penggila gamewatch saat itu kagum bukan kepalang. Apalagi Game Boy seakan menjadi titisan dari mesin game 8-bit yang saat itu sangat populer seperti Nintendo, Spica, dan yang lainnya. Meski absen kelir warna karena layar monokrom, Game Boy generasi pertama yang saat itu dipersenjatai prosesor besutan Sharp dengan kecepatan closk 4,19 MHz serta RAM dan VGA berkapasitas 8 KB, mampu menyodorkan sensasi yang sama namun dengan kemasan oleh yang jauh lebih portabel dan dapat digenggam. Sayangnya seiring meningkatnya teknologi, mesin game portabel yang lahir pada 21 April 1989 ini harus mengakui kedigdayaan kompetitornya yang tampil lebih baik.

Pun Nintendo beberapa kali melakukan improvisasi pada GameBoy hingga yang paling terbaru adalah 3DS yang mampu menyodorkan sensasi 3D tanpa kacamata, namun ketatnya kompetisi mesin game portabel sejak kehadiran PlayStation Portable sepertinya harus memaksa Nintendo untuk berinovasi lebih baik lagi.

Makin sulit kala banyaknya pengembang game kelas dunia yang mulai meninggalkan platform game Nintendo karena spesifikasi yang dianggap kurang memadai. Akibatnya, varian GameBoy saat ini pun terkena imbasnya.

Meski Nintendo masih ditemani oleh banyak pengembang game asal Jepang, hal tersebut nyatanya belum cukup membantu. Faktanya hanya sebagian kecil gamer yang menyukai genre unik yang biasa disodorkan oleh game-game Jepang.

Namun apapun itu, pengabdian 25 tahun bukanlah pencapaian yang mudah dilakukan, dan Game Boy lewat berbagai variannya berhasil menunjukkan eksistensinya di jagat game hingga 2,5 dekade.

Selamat hari lahir Game Boy!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar