Home

Sabtu, 22 Maret 2014

Bit Pada Warna

Kali ini saya akan mengakat tema dari matakuliah sismul session 4 tentang image. Kali ini saya akan mengulas Bit pada warna.

Bit Pada Warna
Dalam komputer grafis, kedalaman warna atau kedalaman bit adalah jumlah bit yang digunakan untuk mewakili warna dari pixel tunggal dalam gambar bitmap atau buffer frame video. Konsep ini juga dikenal sebagai bit per pixel (bpp), terutama ketika ditetapkan bersama dengan jumlah bit yang digunakan. Kedalaman warna yang lebih tinggi memberikan jangkauan yang lebih luas dengan warna yang berbeda.

Kedalaman warna hanya satu aspek representasi warna (secara resmi : yang dapat dinyatakan warna), mengungkapkan bagaimana tingkat halus warna dapat dinyatakan (secara resmi, kedalaman gamut) aspek lainnya adalah seberapa luas berbagai warna. Model warna RGB, seperti yang digunakan di bawah ini, tidak dapat mengungkapkan banyak warna,warna terutama seperti kuning. Dengan demikian, representasi warna tidak hanya "kedalaman warna yang cukup" tetapi juga "gamut yang cukup banyak".

Dengan kedalaman warna yang relatif rendah, nilai yang disimpan biasanya sejumlah indeks yang mewakili menjadi peta warna atau palet. Warna yang tersedia dalam palet sendiri mungkin ditetapkan oleh perangkat keras atau dimodifikasi dalam batas-batas perangkat keras (misalnya, kedua warna sistem Macintosh dan VGA-dilengkapi IBM-PC biasanya berjalan pada 8-bitkarena VRAM terbatas, tetapi sementara sistem VGA terbaik hanya menawarkan 18-bit (262.144 warna)palet dari warna yang bisa dipilih, semua hardware warna video Macintosh menawarkan 24-bit (16 juta warna palet). Palet dimodifikasi kadang-kadang disebut sebagai palet pseudocolor.

1-bit warna (2^1 = 2 warna) monokrom, hitam dan putih, Macintoshes kompak, Atari ST.
2-bit warna (2^2 = 4 warna) CGA, gray-scale awal NeXTstation, Macintosh warna, Atari ST.
2 bit (4 warna)
3-bit warna (2^3 = 8 warna) komputer
4 bit (16 warna)
4-bit warna (2^4 = 16 warna) seperti yang digunakan oleh EGA dan VGA dengan standar paling umum pada resolusi yang lebih tinggi, Macintosh warna, Atari ST.
5-bit warna (2^5 = 32 warna) Asli Amiga chipset
6-bit warna (2^6 = 64 warna) Asli Amiga chipset
8 bit (256 warna)
8-bit warna (2^8 = 256 warna) warna paling awal Unix workstation, VGA pada resolusi rendah, Super VGA, warna Macintosh, Atari TT, AGA, Falcon030.
12-bit warna (2^12 = 4096 warna) beberapa Silicon Graphics sistem, Neo Geo, sistem Warna NeXTstation, dan Amiga sistem dalam mode HAM.
16-bit warna (2^16 = 65536 warna) beberapa Macintoshes warna.
24-bit warna (2^24 = 16777216 warna ) disebut dengan true color .






Besar kedalaman warna ini jelas bergantung pada kemampuan dari kartu grafis, monitor, dan juga software yang digunakan. Sudah umum pada masa kini untuk menggunakan kedalaman warna hingga 32 bit. Dalam dunia digital, bit berarti binary digit. Pada binary ini hanya akan terdapat dua nilai saja, 0 dan 1.
Seperti telah disebutkan sebelumnya, kedalaman warna yang ditampilkan didasarkan pada kedalaman warna dari masing-masing warna primer. Sebelum 32 bit menjadi standar seperti sekarang, kedalaman warna yang cukup sering digunakan adalah 24 bit. 24 bit ini terbentuk dari RGB yang masing-masing memiliki kedalaman sebesar 8 bit. Jadi pada kedalaman warna 24 bit, merah akan memiliki kedalaman sebesar 8 bit, hijau akan memiliki kedalaman sebesar 8 bit, dan biru juga akan memiliki kedalaman sebesar 8 bit. Kedalaman warna sebesar 24 bit ini berarti akan bisa ditampilkan warna sebanyak 224 alias mendekati 16,8 juta. Kedalaman warna sebesar 24 bit ini sering disebut dengan true color.

Perkembangan selanjutnya membuat kedalaman warna yang sering digunakan menjadi 32 bit. Kedalaman warna sebesar 32 bit ini sebenarnya tidak berarti bahwa masing-masing warna primer memiliki kedalaman yang lebih dari 8 bit. Dengan kata lain kombinasi dari warna primer hanya akan menghasilkan 24 bit. Delapan bit yang tersisa dari kedalaman warna yang 32 bit tersebut digunakan untuk kanal Alpha. Kanal Alpha ini berguna untuk menentukan tingkat tembus cahaya dari suatu objek.


Jadi, pada 32 bit pun, warna yang bisa ditampilkan juga mendekati 16,8 juta buah. Kanal Alpha ini sering digunakan untuk memberikan efek tertentu. Video games merupakan salah satu jenis aplikasi yang cukup sering menggunakan efek yang bisa diperoleh dari kanal Alpha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar