Hari ini matakuliah Sismul di binus semester 4 sedang gslc. Tugas kami memposting tentang materi yang ada di gslc. Sekarang saya akan membagikan sedikit rangkuman dari pertemuan sesion 3 hari ini, dimana rangkuman ini akan saya bagi menjadi 2 part. Semogo rangkuman ini bermanfaat bagi para pembaca blog saya.
Sistem Multimedia session 3 Text & Hypertext
1. Text
- Media dasar dari berbagai sistem multimedia.
- Terdiri dari words (kata), sentences (kalimat), paragraphs (paragraf).
- Digunakan untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran, ide, fakta di hamper setiap aspek kehidupan kita.
2. Di multimedia, text berfungsi :
- Untuk menjelaskan bagaimana kerja suatu aplikasi,
- Untuk memandu pengguna dalam menavigasi suatu aplikasi,
- Memberikan informasi tentang aplikasi yang dirancang.
3. Text technology
- Berdasarkan pada letters, numbers, dan special characters.
- Kategori text elements =
a. Alphabet = A-Z
b. Number / angka = 0-9
c. Special characters :
1. Punctuation [. , ; ‘ ….]
2. Sign / symbol [~!@#$%^&*…]
- Bisa terdapat special icon/drawing symbols, mathematic symbols, dll.
4. Typefaces vs Fonts
a. Typefaces / Tipografi
representasi grafis dari alphabet, angka, special character, lebih bervariasi oleh jenis ukuran dan gaya.
Contoh : Arial, Courier, Times New Roman, Tahoma, dll.
b. Font
tipografi yang memiliki ukuran tertentu, yang dapat diukur dalam point.
Contoh : Arial 12point ITALIC, Tahoma 8point BOLD, Courier 10point UNDERLINE, dll.
5. Fonts Effects
Efek yang berguna untuk menarik perhatian viewer ke konten.
6. Font Anatomy = struktur suatu kata.
7. Tracking = kerenggangan antar karakter.
8. Kerning = kebalikan dari tracking; kedekatan suatu karakter dengan karakter lainnya.
9. Leading = jarak antara baris per kalimat.
10. Tipe font :
a. Serif
- Ada tips dekoratif
- Digunakan untuk dokumen yang mempunyai banyak teks.
b. Sans Serif
- tidak ada tips dekoratif
- kontras lebih tajam, dianggap lebih baik dalam computer displays.
11. Font editing and design tools
Tools yang digunakan untuk desain dan edit suatu font.
Contoh : fontographer, font creator
12. Text data files :
a. plain text = teks biasa, bisa dimengerti oleh manusia, terdapat number dan punctuation, menggunakan ASCII
b. rich text = bisa dimengerti oleh manusia juga, namun ada tambahan-tambahan yang dapat mengontrol teks seperti <bold> <br> <center>
c. hypertext = menggunakan format teks yang rumit seperti <a href=http://www.w3c.org/>hypertext</a>. namun mempunyai ability untuk melakukan hyperlink.
13. Penggunaan text di multimedia :
a. Untuk judul dan headline
b. Untuk menu
c. Untuk navigasi
d. Untuk konten
14. Guideline /Panduan memakai text :
a. Singkat
b. Menggunakan tipografi dan font yang sesuai dan tepat
c. Dapat dibaca
d. Pikirkan soal style dan warna
e. Konsisten
15. Teks dapat digunakan secara efektif jika :
a. Mengkomunikasikan data (contoh: customer name, address, information)
b. Menjelaskan konsep dan ide (contoh: misi visi suatu perusahaan, prosedur)
c. Klarifikasi media lainnya (contoh: label pada button, icon)
16. Keuntungan memakai teks =
a. Murah
b. Dapat menghasilkan ide-ide abstrak secara efektif
c. Menjelaskan media lain
d. Mudah diperbaharui
e. Lebih nyaman
17. Kerugian memakai teks =
a. Kurang mengesankan dibandingkan media visual lainnya
b. Membutuhkan perhatian lebih dari user
c. Cenderung rumit
Tidak ada komentar:
Posting Komentar