Home

Senin, 10 Maret 2014

Sistem Multimedia session 3 Text & Hypertext (part1)

Hari ini matakuliah Sismul di binus semester 4 sedang gslc. Tugas kami memposting tentang materi yang ada di gslc. Sekarang saya akan membagikan sedikit rangkuman dari pertemuan sesion 3 hari ini, dimana rangkuman ini akan saya bagi menjadi 2 part. Semogo rangkuman ini bermanfaat bagi para pembaca blog saya.

Sistem Multimedia session 3 Text & Hypertext

1. Text

- Media dasar dari berbagai sistem multimedia.

- Terdiri dari words (kata), sentences (kalimat), paragraphs (paragraf).

- Digunakan untuk berkomunikasi, menyampaikan pikiran, ide, fakta di hamper setiap aspek kehidupan kita.



2. Di multimedia, text berfungsi :

- Untuk menjelaskan bagaimana kerja suatu aplikasi,

- Untuk memandu pengguna dalam menavigasi suatu aplikasi,

- Memberikan informasi tentang aplikasi yang dirancang.



3. Text technology

- Berdasarkan pada letters, numbers, dan special characters.

- Kategori text elements =

a. Alphabet = A-Z

b. Number / angka = 0-9

c. Special characters :

1. Punctuation [. , ; ‘ ….]

2. Sign / symbol [~!@#$%^&*…]

- Bisa terdapat special icon/drawing symbols, mathematic symbols, dll.



4. Typefaces vs Fonts

a. Typefaces / Tipografi

representasi grafis dari alphabet, angka, special character, lebih bervariasi oleh jenis ukuran dan gaya.

Contoh : Arial, Courier, Times New Roman, Tahoma, dll.

b. Font

tipografi yang memiliki ukuran tertentu, yang dapat diukur dalam point.

Contoh : Arial 12point ITALIC, Tahoma 8point BOLD, Courier 10point UNDERLINE, dll.



5. Fonts Effects

Efek yang berguna untuk menarik perhatian viewer ke konten.

6. Font Anatomy = struktur suatu kata.

7. Tracking = kerenggangan antar karakter.

8. Kerning = kebalikan dari tracking; kedekatan suatu karakter dengan karakter lainnya.



9. Leading = jarak antara baris per kalimat.


10. Tipe font :

a. Serif

- Ada tips dekoratif

- Digunakan untuk dokumen yang mempunyai banyak teks.

b. Sans Serif

- tidak ada tips dekoratif

- kontras lebih tajam, dianggap lebih baik dalam computer displays.



11. Font editing and design tools

Tools yang digunakan untuk desain dan edit suatu font.

Contoh : fontographer, font creator



12. Text data files :

a. plain text = teks biasa, bisa dimengerti oleh manusia, terdapat number dan punctuation, menggunakan ASCII

b. rich text = bisa dimengerti oleh manusia juga, namun ada tambahan-tambahan yang dapat mengontrol teks seperti <bold> <br> <center>

c. hypertext = menggunakan format teks yang rumit seperti <a href=http://www.w3c.org/>hypertext</a>. namun mempunyai ability untuk melakukan hyperlink.



13. Penggunaan text di multimedia :

a. Untuk judul dan headline

b. Untuk menu

c. Untuk navigasi

d. Untuk konten



14. Guideline /Panduan memakai text :

a. Singkat

b. Menggunakan tipografi dan font yang sesuai dan tepat

c. Dapat dibaca

d. Pikirkan soal style dan warna

e. Konsisten



15. Teks dapat digunakan secara efektif jika :

a. Mengkomunikasikan data (contoh: customer name, address, information)

b. Menjelaskan konsep dan ide (contoh: misi visi suatu perusahaan, prosedur)

c. Klarifikasi media lainnya (contoh: label pada button, icon)



16. Keuntungan memakai teks =

a. Murah

b. Dapat menghasilkan ide-ide abstrak secara efektif

c. Menjelaskan media lain

d. Mudah diperbaharui

e. Lebih nyaman



17. Kerugian memakai teks =

a. Kurang mengesankan dibandingkan media visual lainnya

b. Membutuhkan perhatian lebih dari user

c. Cenderung rumit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar