Home

Senin, 03 Maret 2014

Memperbagus Blog

 Hari ini ternyata tugas Mata kuliah SISMUL di ulang kembali. Nah karena di ulang saya hari ini berusaha memperbagus dan merapikan blog saya. Saya mulai merapikannya dengan membuat menu bar , artikel kategori dan lain lain. Memang susah haru bolak balik search google , tapi demi nilai B apapun ku lakukan T^T ... hahaha .

 Yuk liat dikit apa aja yang saya buat, hmmm mungkin pertama dengan cara membuat menubar. Page Laman adalah sebuah halam yang digunakan sebagai tempat atau sarana informasi identitas blog. seperti halnya Profil blog, Contact blog site map dan lain sebagainya yang tidak memerlukan tanggapan dari orang lain atau pengunjung. karena pada laman tidak tersedia kotak komentar. Pada template tertentu untuk menambahkan menu menggunakan page laman. dengan hanya memasang page laman kalian blogger sudah mendapatkan pilihan menu. namun pada kenyataannya menu yang hanya menggunakan laman tidaklah menarik karena tidak bisa drop down. tetapi tetap akan saya share buat kalian semua
  • Silahkan masuk ke dasbor blog sobat 
  • Pilih >> Layout 
  • lihat dibawah atau diatas header apakah terdapat widget >> Laman





  • Jika ada silahkan klik >> edit 
  • Maka akan muncul seperti gambar berikut ini : 








Silahkan baca keterangan dibawah ini :
Title : Judul laman. tapi agar tidak tampil pada tampilan blogger maka tidak usah sobat ubah. biarkan judul aslinya saja.
Automatically add new pages when they are published : Centang jika sobat ingin secara otomatis page laman muncul saat selesai posting laman.
Page to show : adalah page laman yang akan ditampilkan. sobat dapat memberikan centang pada laman yang ingin ditampilkan
Save : jika pengaturan sudah sesuai yang anda inginkan.

mayan mudah lah walau gak pula bagus hahaha.


Kita lanjut ke membuat kategori / label ya .

Cara membuat label atau kategori di blog.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  1. Buatlah 3 entri baru atau edit 3 artikel lama kamu. 
  2. Dan dibagian Setelan Entri(sebelah kanan entri) Klik Label dan beri label dengan nama Tutorial Blog dan klik Selesai. Tulis ketiga artikel kamu dengan nama label yang sama Tutorial Blog. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya. 
  3. Setelah Selesai memberi nama label. Buka pengaturan Tata Letak. 
  4. Klik Tambahkan Gadget atau add gadget.Dan cari Label seperti gambar dibawah ini.
  5. Klik Tanda + di sebelah kanan Label gambar diatas dan beri judul label atau kategori, dan klik Simpan. seperti gambar dibawah ini.
  6. Contoh tampilan kategori atau label di blog lihat gambar dibawah ini.
  7. Letakan label/kategori sesuai dengan yang kamu inginkan. dan Lihat hasilnya.Widget degan nama kategori/label sudah ada di blog kamu. Selesai. 


Dengan adanya label, maka kita dapat dengan mudah membagi setiap artikel menjadi beberapa nama kelompok artikel yang sesuai dengan yang kita inginkan. Dalam satu artikel, kita juga bisa membuatnya menjadi 2 label atau lebih. Jadi tidak harus menempatkan satu artikel kedalam satu kategori. Tapi bisa kebanyak kategori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar